Wednesday 7 October 2015

Sesil dan Musiknya



(ini sebenernya nulisnya mei, baru sempet ngepost agustus hehe. wkwk. ) *gapenting

Sebelumnya, saya peringatkan, ketika menulis ini saya tidak bisa berhenti menulis betapa senangnya saya dengan musik, jadi ini postingan yang sangat panjang._.


***

Hai!
Sudah lama yaa saya nggak nge-post. Bahkan april kemarin cuma nge-post berapa tuh? wkwk maafin maafin :3 *gaadayangnanya

Well, karena bulan ini adalah bulan Mei, saya mau nge-post tentang musik! :D 

Musik, yaah, ternyata memang dari kecil musik sudah ada di sekeliling saya. Ibuk yang merupakan guru seni budaya, dulu punya keyboard yang sering saya mainkan dengan asal-asalan. Heheh. Lalu ketika saya sekitar umur 8-9 tahun (kelas3 SD), ibuk beli gitar. Ketika itu juga saya tidak menggubrisnya. Disuruh belajar gitaranpun saya malas. heheh..


Tapi sekarang, Musik adalah hidup saya.



Yap! Suara-suara itu, perasaan ceria dan senang ketika memainkan instrumen-instrumen musik, dan keharmonisan melodi yang mereka ciptakan, begitu menyenangkan. Damai.

Dari kecil, dulu, hmm, mungkin karena di rumah ada piano keyboardnya ibuk, saya jadi larinya ke piano. Hehe. Pas SD kelas 4 dulu, saya gabung sama
 Marching Band dan kepilih buat jadi pemegang balera. Nih fotonyaa wkwk :



 Nah, setelah angkatan atas saya udah mulai fokus sama UNAS, saya sempet naik pangkat jadi pemain keyboardnya. Wkwk X"D *jadikangen *gapenting

Then, pas masuk SMP, perasaan suka saya terhadap Musik mulai tumbuh. Mungkin terangsang karena teman-teman sekelas saya banyak yang jago main gitar. Heheh. Iyaa! Saya jadi semangat latihan gitar pas kelas 8 SMP. Telat gak sih? :'3

gitar ibuk


Belajar main gitar dari ibuk, dan coba-coba alias otodidak. Saya mulai menyukai alat musik itu. Saya mulai menyukai gitar, dan musik. Dan, di akhir masa SMP, kalo gak awal masuk SMK, saya sempet bikin lagu yang judulnya "KC(Karena Cinta)" tuh lagu buat pacar pertama saya. Wkwk. XD. Yeh, anak SMP udah pacaran. Saya sendiri juga bingung, yaa gatau sih. :3 Wkwk. Well, gatau juga, saya kalo udah serius yah saya curahin aja semuanya sampe tercipta tuh lagu. Heheh. Well, itu masa lalu yang saya buat pelajaran ajaah. :) XDDDD

Ohiya, nih kalo kurang kerjaan dan mau dengerin lagu pertama yang saya ciptakan, masih jelek sih. heheh :'3 --> https://soundcloud.com/sesilia-fajar-kristyanti

Oiya.., saya juga punya lagu ke-2. Buat seseorang juga. Mungkin bahasa dan lagunya lebih bagus.. Lebih punya perasaan wkwk. Tapi belum sempat ngerekam hehe. Ntar dulu deh yang lagu itu..

Pas SMP sempet juga punya band, namanya DARAS, dan jadi vokalis. Heheh. :3
Oiya, nih kalo mau nonton penampilan pertama DARAS. hohoh --->  https://www.youtube.com/watch?v=5SXqJweuOrQ

DARAS

Pernah juga jadi vokalisnya grub akustik kelas pas acara ClassMeet. Aaaakk, mereka main akustikannya keren sekalih ><



Lalu, mungkin, dari bapak saya yang baru-baru ini saya ketahui bahwa ternyata beliau dulu adalah pemain gamelan sebagai pemegang Saron(kalogasalah) dan alat lain, pokoknya kalo gasalah dulu bapak bisa main beberapa alat gamelan. :3 Dan, saya mewarisi kecintaannya terhadap gamelan, dengan menjadi pemain Bonang Penerus.

AAAKK!! Mainin nih alat musik juga seru, loh. Kalo main bareng satu tim karawitan bisa enak gitu didengerin.. :') *kangenbanget *gaadayangnanyalagi *heheh :'3


Selain itu, karena saya jatuh cinta sama Kai Ichinose di komik Piano Hutan, entah, saya jadi terobsesi banget sama piano. Daaann, akhirnya saya ngemis-ngemis memelas-melas supaya di rumah ada Piano. Well, gak sia-sia! Akhirnya sekitar jamannya saya SMP kelas 3, ada Piano Keyboard di rumaah!! \^^/

Practice!!!

Yep, mungkin karena pertimbangan ibuk yang juga suka musik, dan supaya bisa buat belajar supaya bisa mengiringi piano di gereja :)

Puji Tuhan, setelah beberapa waktu belajar, bisa mengiringi piano di gerejaaaa. Walaupun masih jauhh sekali dari pro. Yang penting sudah berusaha ya. Ehee

Pertama kali mengiringi Misa di Gereja

Then, di SMK saya yang emang dasarannya pendiem pas kelas satu jarang mengikuti kegiatan musik. Sampai tragedi soundcloud saya yang menyebar, dan akhirnya saya ditawarin gabung di band nya temen-temen sekelas, bareng Lazu, Pak Bos(Galuh), sama Billy. Nama band nya Green Line. Nih fotonyah heheh :



Waktu itu kita belum beruntung untuk lolos di seleksi pengisi acara Galasesa. Tapi yaah, yang penting ada pengalaman heheh :D Oiya, waktu itu saya pegang keyboard sama bass. Tapi yeh, skill nya cupu sekali. (sampe sekarang)

Laluu, di kelas 2, saya mulai rame nih. wkwk. Awalnya, disuruh ngisi vokal pas acaranya Bulba.

Menembus Impian!


Then, tiba-tiba ada orang tidak dikenal, kenalannya si Tyas(temen sekelas) katanya cari gitaris cewek. Dan orang itu tiba-tiba ngeinbox katanya saya diminta gabung. Well?! Saya kan bingung kan ya, terus tanya-tanya juga sama si Tyas. Eh, malah akhirnya saya tidak bergabung dengan band nya orang tidak dikenal, malah gabung sama band-nya si Tyas, sampe sekarang. Di situ saya sebagai Rithym gitaris dan backing-vocal. Namanya D'Ark! dan saya sangat nyaman berada di tuh band. Heheh. :D



D'Ark

Dan, dengan bergabung dengan band seperti ini membuat saya semakin giat berlatih gitar. Kan ga pengin juga toh bikin instrumennya band jadi nggak harmonis gegara saya? Makanya saya harus berusaha dan berlatih untuk mengimbangi mereka. Heheh.. Selain itu, saya juga bisa belajar bareng mereka. Dan itu menyenangkan :) 

Nah yang terbaru, saya diajakin gabung nih sama si Tyas juga buat gabung sama band-nya yang di sekolah. Namanya Skielike. Jujur saja saya agak minder karena personil Skielike yang lain skill nya pada mastah semua. Heheh. Tapi akhirnya saya gabung tuh dan lumayan lah dapat belajar teknik-teknik baru hehehhh.. Daann ini foto Skielike pas tampil di Galasesa (malam pentas seni di sekolah)!



Lalu..., suatu ketika, saya ikutan beres-beres di Gereja. Nah, pas beres-beres, ada waktu pas saya ke gudang. Dan.., di situ..

Ada biola, cello, dan beberapa alat musik lainnya...

Wow.

Yeh, saya cuma bisa melongo.

Yeh, kepikiran. Kepikiran. Kepikiran sama alat-alat musik di gudang itu.. Kan sayang sekali kalo gak kepakeeee :o

Nah, untung saja, Tuhan berikan jalan. :) Suatu saat saya curhat ke Yevina, yang saya anggap sahabat saya sendiri, karena emang si Yevina ini, udah tanggal lahir dan tahunnya sama, kepribadian dan kesukaan kita juga sama. Heheh.

Pertama kita berjumpa :3


Iyaa! Jadi pas itu saya curhat, pengin les biola. Eh, ternyata dia ngasi tahu sekaligus mencarikan informasi, ternyata Bu Vero (pembina Paduan Suara di sekolah) ada les-lesan Biola. Daann, lumayan! Saya masih bisa pake uang saku untuk membayar biaya les. :')

KYAAAAA!!!

Rasanya seneng banget bisa les Biolaaa :')))

senar dan biola yang rapuh, kadang bikin miris :')
tapi tetep harus semangat. :'D

Yep, akhirnya saya minta izin untuk meminjam biola tua di gereja, dan merawatnya, dan berusaha mengembangkan talenta yang sudah Tuhan berikan ini. Pokoknya ntar saya pengin bisa mengiringi Natal di gereja, dengan Biola Tua itu. Sebagai rasa terimakasih. Amin.. :'')))

Daaann, kamu tau??!! Saya sama Yevina pas itu kan daftar jadi muridnya bu Vero. Dan langsung disuruh ikutan ngiringin wisudaan yang waktu itu kurang 2 bulan. *jreng!

Well, belajar biola itu menyenangkan. Dan kali ini sedikit mencengangkan, karena entah kenapa saya jadi bisa sayang ke Bu Vero gitu soalnya beliau sudah memberikan banyak sekali bantuan buat saya belajar biola ini. Dan satu hal yang bikin saya semakin terharu.. Saya ingat bu Vero bilang..

"Mungkin ini takdir Tuhan. Kamu lihat biola itu di gereja, kamu berniat mempelajarinya, dan kamu bertemu bu Vero. Bu Vero nggak minta apa-apa. Bu Vero akan sangat bangga kalau kamu bisa main itu biola untuk gereja." 

Deg.
Saya kebelet nangis :')

Dan, sejak saat itu saya jadi lebih semangat dan niat main biola. :))) Saya merasa, mungkin kata bu Vero benar. Saya pengin balas budi ke gereja suatu saat nanti, yang otomatis juga sebagai balas budi ke Bu Vero heheh..

Dan Puji Tuhan, bisa mencapai target mengiringi acara wisudaan dengan 2 lagu wajib. Hymne Telkom School dan Mars Telkom School. Yaah, walaupun masih ada kesalahan di lagu yang lain. Tapi saya sangat bersyukur bisa mempelajari biola. Hehehh..

Setelah acara Wisuda SMK Telkom tahun 2015

Daaann, entah kenapa? Pada suatu waktu ibuk tiba-tiba datang ke kosan sama bapak. Waktu itu pas habis ulangan. Pas Pekan Remidial. 

Ibuk bilang kalo saya dibeliin biola.

Ha?

Saya cuma melongo karena sebelumnya ada masalah yang bikin saya dilarang main musik.. Nanti saya ceritain.

Waktu itu perasaan saya bercampur aduk. Seneng sekaligus takut. Karena nilai ujian saya banyak yang melorot... Tapi saya jujur saja ke bapak sama ibuk.. Padahal baru dikasi hadiah biola, eh malah saya balas dengan kabar buruk...

Dan itu membuat saya merasa sangat amat bersalah.

Nah, ini menjadi pelajaran yang SANGAT BERHARGA. Gak akan pernah saya lupakan. Saya ga pengin kejadian kek gini terulang. Otomatis, saya harus niat belajar juga..

Well, yang udah berlalu biarlah berlalu. Buat pelajaran. SEMANGAT BUAT SEMESTER SELANJUTNYA!!!!! *yeah \m/

 latihan biola, pdkt sama biola, cium biola, selfi sama biola, biar ada kemistri :3
*plak!

Ohiya, masalah?

Hmm, saya juga punya masalah kok dalam mendalami obsesi saya kepada musik ini.. 

Iya, sebenarnya, orang tua saya tidak begitu mendukung obsesi saya ini. Bahkan, saya tidak diperbolehkan membeli gitar sendiri.. Saya sangat shock dan tertekan ketika suatu hari saya diberi tahu bahwa :

Saya tidak boleh main musik lagi.

Alasannya sederhana, karena takut masa depan saya tidak tentu. Well, alasan yang maklum. Karena kedua orang tua saya sangat mencintai saya. Saya tahu itu, karena saya juga sangat mencintai mereka. :')

Well, akhirnya setelah pertumpahan air mata, haha, saya diperbolehkan beli gitar sendiri, dengan syarat : Sesil harus ranking 1-5 besar di kelas sampe semester 6.

Hoh????!

Pas itu, tepat sebelum rapotan. Yaaa, deg deg ser gitu.. :'3 Iya, ini adalah rapotan paling menentukan yang pernah saya alami._.

Well, Puji Tuhaannn, lumayan lah, lolos persyaratan. Daaann, saya bisa beli gitaaaarrr!! \^A^/ Dengan begini, di kosan jadi tidak sepi, saya punya teman buat curhat(versi saya) heheh..


Aku dan Gitar <3




Then, ini saya yang sekarang. Saya tidak bisa, mungkin tidak akan mungkin bisa hidup tanpa musik. Tapi saya juga tidak ingin membuat kedua orang tua saya kecewa kepada saya... Makanya, entah sejak kapan, Mind Mapping selalu muncul di kepala saya. Saya sering berfikir dengan keras mengenai apa yang akan saya lakukan di masa depan.

Agar saya bisa hidup dengan obsesi, dan prestasi. Agar saya tidak mati tanpa jiwa maupun raga.

Saya ingin terus bersama obsesi, tapi tidak ingin mengecewakan orang tua.

Kebahagiaan dan kedamaian adalah motivasi saya untuk obsesi saya, dan orang tua adalah motivasi saya untuk prestasi saya. Sekarang, kita seimbangkan otak, dan, kita atur waktu sebaik-baiknyah. :)

Karena saya tidak ingin mengorbankan keduanya. Kebahagiaan dan orang tua. Maka saya harus memadukan mereka, menciptakan sesuatu yang harmonis.. :)


Teman.

Well, jadi.., semoga semua pikiran-pikiran di sini *nunjuk kepala* bisa terlealisasikan dan semoga, saya bisa membuat kedua orang tua saya bangga kepada saya. Amin. :)

Sekian cerpen saya, semoga bisa memberi inspirasi heheh :)

Salam Art Fighters!

salam alai :p wkwk

Mereka terlalu bikin seneng



Udah kek pacar. (wkwk suwung ya sil? XD)

No comments:

Post a Comment