Tuesday 11 September 2012

Pramuka di Masa Kini


Pramuka di Masa Kini

            Pramuka. Mungkin banyak orang yang mengenal atau sekedar mengetahui keberadaan organisasi tersebut. Di dalam organisasi tersebut, kita diajarkan banyak hal positif seperti kemandirian, kepemimpinan, pelajaran moral, berpendapat, pengetahuan, berkreasi, dan masih banyak lagi.
            Pramuka terkenal dengan pedomannya yaitu Satya dan Dharma Pramuka. Di masa kini, cukup banyak orang yang bergabung dengan organisasi ini. Mulai dari siswa sekolah dasar hingga yang sudah berumur. Namun, apakah semua anggota organisasi pramuka memiliki karakter yang sesuai dengan Satya dan Dharma Pramuka?
            Sebagai anggota Pramuka yang baik, kita seharusnya berperilaku sejalan dengan Satya dan Dharma Pramuka. Seperti senantiasa takwa kepada Tuhan YME, cinta alam, sopan, mematuhi peraturan, terampil, dan segala hal yang sesuai dengan Satya dan Dharma Pramuka.
            Sayangnya, tak sedikit anggota Pramuka yang memiliki karakter sedikit atau bahkan jauh melenceng dari pedoman Pramuka yaitu Satya dan Dharma Pramuka. Hanya membanggakan identitas seorang Pramuka tanpa berusaha menjadi seorang Pramuka yang sesungguhnya.
Namun, tak semua anggota Pramuka demikian. Lebih banyak anggota Pramuka yang sungguh sungguh. Banyak pula orang yang dulunya tidak mengikuti Pramuka lalu bergabung dengan Pramuka mengalami banyak perubahan positif.
Nah, sebagai seorang Pramuka masa kini tetap berpedoman pada Satya dan Dharma pramuka, kita harus menyesuaikan diri dengan perkembangan. Baik perkembangan teknologi atau tata cara dalam kehidupan. Selain itu, kita juga wajib memberi contoh atau teladan perilaku yang baik untuk orang lain. Menunjukan bahwa Pramuka yang sesungguhnya adalah manusia manusia yang berarti dan bermakna. Bersama sama dan bersatu untuk membangun Indonesia yang lebih baik.
           

Sesillia Fajar K

No comments:

Post a Comment