Sistem merupakan kumpulan unsur yang saling terkait dalam mencapai suatu tujuan. Sistem dalam bahasa sederhana dapat diibaratkan sebagai rangkaian kerja. Dalam sistem dikenal adanya elemen, yaitu bagian terkecil yang saling berkaitan dalam suatu sistem.
B. PERANGKAT KERAS MASUKAN
Perangkat keras masukan atau input hardware adalah perangkat yang terdapat pada computer atau TI yang berfungsi memasukkan data untuk diproses. Komputer akan memproses atau menjalankan sebuah perintah jika sudah ada data-data yang dimasukkan atau diinput.
1.Keyboard
Keyboard merupakan
sebuah papan yang terdiri dari tombol – tombol untuk mengetikan kalimat dan
simbol – simbol khusus lainnya pada komputer. Pada keyboard terdapat tombol –
tombol huruf, angka, serta tombol – tombol khusus lainnya yang berjumlah 104
tuts. Sedangkan pada mesin ketik biasa, jumlah tutsnya hanya 52 tuts.
2.MOUSE
Merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik. Pada mouse secara umum terdiri atas dua tombol eksekusi dan satu tombol scroll. Pada layar monitor akan tampak lambang mouse yang disebut pointer. Mouse biasanya digunakan diatas permukaan yang rata. Apabila mouse digerakkan ke sebelah kanan, secara otomatis pointer akan bergerak ke arah kanan begitu juga sebaliknya.
Mouse Mekanis
Mouse ini menggunakan bola untuk mengontrol pergerakan pointer. Bola mouse bentuknya kecil, terdapat di bagian bawah mouse. Bila kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse maka terlihat 2 pengendali gerak didalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pointer, horizontal dan vertikal. Jika poengendali horizontal digerakkan maka pointer hanya akan bergerak secara horizontal saja, begitu juga sebaliknya. Jika keduanya kita gerakkan maka akan menjadi diagonal. Jika boila kita masukkan kembali maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut, sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.
Mouse Optik
Mouse Mekanis
Mouse ini menggunakan bola untuk mengontrol pergerakan pointer. Bola mouse bentuknya kecil, terdapat di bagian bawah mouse. Bila kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse maka terlihat 2 pengendali gerak didalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pointer, horizontal dan vertikal. Jika poengendali horizontal digerakkan maka pointer hanya akan bergerak secara horizontal saja, begitu juga sebaliknya. Jika keduanya kita gerakkan maka akan menjadi diagonal. Jika boila kita masukkan kembali maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut, sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.
Mouse Optik
Seiring dengan perkembangan teknologi mouse, maka ditemukan beberapa kelemahan ketika menggunakan mouse biasa, diantaranya adalah bola mouse macet, sehingga sulit digerakkan, alas mouse yang tidak rata menyebabkan pergerakan mouse menjadi terhambat, dll.
Kemudian diciptakan mouse menggunakan sinar infra merah (infra red ) yang digunakan sebagai sensor. Mouse ini sudah tidak menggunakan bola lagi untuk menggerakkan pointer.
Mouse Wireless
Ketika pada awalnya, pergerakan mouse terbatas oleh panjang
kabel, maka setelah muncul mouse wireless mouse dapat digerakkan lebih bebas
asalkan masih dalam jangkauan sensor mouse.
3. SCANNER
Scanner adalah suatu
alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotokopi
hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya
ditampilkan pada layar monitor komputer, kemudian dapat dimodifikasi sehingga
tampilan dan hasilnya menjadi bagus. Proses berikutnya adalah mengedit kemudian
mencetak
4. Light pen
Light pen digunakan
dengan cara menunjuk ujung alt ke monitor komputer yang peka terhadap cahya.
Apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka satu isyarat
elektronik akan dihantarkan dan akan dimerngarti oleh program tersebut
5. Trackball
Trackball adalah
peralatan semacam mouse, kecuali pada trackball bola berputar pada landasan
seperti halnya mouse, pada trackball ini diletakkan pada bagian atas sehingga
bisa digeser secara langsung dengan jari. Beberapa model dari trackball
didesain untuk diletakkan pada keyboard dari komputer notebook.
6. Joystick
Joystick digunakan
untuk keperluan game/permainan selama bertahun-tahun. Saat ini ukurannya
semakin kecil, semacam pensil yang terletak diantara tombol keyboard. Pointing
device seperti joystick ini biasa didapatkan pada komputer portable, karena
komputer jenis ini seringkali digunakan pada tempat seperti pesawat terbang
dimana tidak ada permukaan yang cukup untuk meletakkan suatu pointing device
lain seperti mouse.
7. Touch screen
Touch screen juga
disebut layar sentuh saat ini banyak dijumpai beberapa peralatan seperti
handphone, ATM, d.l.l. Sensor yang terdapat pada touch screen adalah berupa
sebuah panel dari kaca yang permukaannya mampu untuk menangkap respon terhadap
suatu sentuhan pada media tersebut disebut training komputer, presentasi, d.l.l
Meskipun secara fisik kebal terhadap gangguan, touchscreen
juga mempunyai kelemahan, yaitu : dapat terganggu oleh elemen- elemen seperti
debu,air, dan benda-benda padat
lainnya.sedikit saja benda menempel diatasnya, maka layar akan mendeteksi
sebagai suatu sentuhan. Sensor-sensor ultrasoniknya akan langsung bekerja
dengan baik. Maka layar sentuh jenis ini harus dijaga dengan ekstra hati hati.
Touch screen sering
dipakai pada kios
informasi di
tempat-
tempat umum,
misalnya
di bandara dan
rumah
sakit.
Meskipun secara fisik kebal terhadap gangguan, touchscreen
juga mempunyai kelemahan, yaitu : dapat terganggu oleh elemen- elemen seperti
debu,air, dan benda-benda padat
lainnya.sedikit saja benda menempel diatasnya, maka layar akan mendeteksi
sebagai suatu sentuhan. Sensor-sensor ultrasoniknya akan langsung bekerja
dengan baik. Maka layar sentuh jenis ini harus dijaga dengan ekstra hati hati.
8.Barcode reader
Barcode reader adalah
alat yang digunakan untuk membaca kode bercode. Barcode terdapat pada pasta
gigi, sabun, makanan, d.l.l
Barcode dibedakan
menjadi 2. yaitu barcode 1 dimensi dan barcode 2 dimensi.
(^^) Barcode 2 dimensi : sudah tidak berupa garis-garis
lagi, akan tetapi seperti gtambar. Jadi, informasi yang tersimpan di dalamnya
akan lebih besar. Kode yang dibuat bisa
bebas asalkan hanya digunakan pada sistem di suatu tempat seperti perpustakaan,
akan tetapi untuk produk yang akan diedarkan dipasarkan harus didaftarkan
terlebih dahulu ke GS1 agar tidak sama dengan produk yang lain
(^^) Barcode 1 dimensi : terdiri
dari
garis-garis berwarna
putih dan
hitam. Warna
putih untuk
nilai 0 dan
warna hitam
untuk nilai 1.
9.Micropone
Microphone adalah
suatu alat yang digunakan untuk menginput data berupa suara. Suara yang
diterima akan diproses menjadi sebuah data digital yang dapat dibaca kompute,
dan akgirnya ditampilkan melalui speaker atau headset yang ada.
10. Kamera digital
Kamera digital
adalah salah satu dari alat input. Kamera digital didefinisikan sebagai alat
untuk membuat gambar dari suatu obyek, untuk selanjutnya dibiaskan melalui
lensa kepada sensor CCD atau sensor CMOS yang hasilnya kemudian direkam dalam
format digital ke dalam media simpan digital.
11. Camroder
Camroder adalah alat
perekam elektronik portable yang mempuynyai kemampuan video live-motion dan
audio untuk kemudian dimainkan di Video Cassete Recorder (VCR), TV, dan
komputer
12. Web camera
Webcam adalah alat yang
membantu seseorang bisa berkomunikasi atau chatting sambil melihat lawan
bicaranya
Webcam adalah kamera
kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat menangkap video serta
gambar, kemudian langsung menyimpannya dalam hard drive komputer.
No comments:
Post a Comment