Wednesday 26 September 2012

MENGENAL PERANGKAT KERAS KOMPUTER

A. SISTEM KOMPUTER

             Sistem merupakan kumpulan unsur yang saling terkait dalam mencapai suatu tujuan. Sistem dalam bahasa sederhana dapat diibaratkan sebagai rangkaian kerja. Dalam sistem dikenal adanya elemen, yaitu bagian terkecil yang saling berkaitan dalam suatu sistem.
B. PERANGKAT KERAS MASUKAN
 
Perangkat keras masukan atau input hardware adalah perangkat yang terdapat pada computer atau TI yang berfungsi memasukkan data untuk diproses. Komputer akan memproses atau menjalankan sebuah perintah jika sudah ada data-data yang dimasukkan atau diinput. 
1.Keyboard 
Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol – tombol untuk mengetikan kalimat dan simbol – simbol khusus lainnya pada komputer. Pada keyboard terdapat tombol – tombol huruf, angka, serta tombol – tombol khusus lainnya yang berjumlah 104 tuts. Sedangkan pada mesin ketik biasa, jumlah tutsnya hanya 52 tuts. 
2.MOUSE
Merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik. Pada mouse secara umum terdiri atas dua tombol eksekusi dan satu tombol scroll. Pada layar monitor akan tampak lambang mouse yang disebut pointer. Mouse biasanya digunakan diatas permukaan yang rata. Apabila mouse digerakkan ke sebelah kanan, secara otomatis pointer  akan bergerak ke arah kanan begitu juga sebaliknya

   Mouse Mekanis

Mouse ini menggunakan bola untuk mengontrol pergerakan pointer. Bola mouse bentuknya kecil, terdapat di bagian bawah mouse. Bila kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse maka terlihat 2 pengendali gerak didalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pointer,  horizontal dan vertikal. Jika poengendali horizontal digerakkan maka pointer hanya akan bergerak secara horizontal saja, begitu juga sebaliknya. Jika keduanya kita gerakkan maka akan menjadi diagonal. Jika boila kita masukkan kembali maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut, sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.  

Mouse Optik


Seiring dengan perkembangan teknologi mouse, maka ditemukan beberapa kelemahan ketika menggunakan mouse biasa, diantaranya adalah bola mouse macet, sehingga sulit digerakkan, alas mouse yang tidak rata menyebabkan pergerakan mouse menjadi terhambat, dll.
  Kemudian diciptakan mouse menggunakan sinar    infra merah (infra red ) yang digunakan sebagai sensor. Mouse ini sudah tidak menggunakan bola lagi untuk menggerakkan pointer.

Mouse Wireless 
Ketika pada awalnya, pergerakan mouse terbatas oleh panjang kabel, maka setelah muncul mouse wireless mouse dapat digerakkan lebih bebas asalkan masih dalam jangkauan sensor mouse. 
3. SCANNER
  Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotokopi hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer, kemudian dapat dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus. Proses berikutnya adalah mengedit kemudian mencetak
4. Light pen
  Light pen digunakan dengan cara menunjuk ujung alt ke monitor komputer yang peka terhadap cahya. Apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka satu isyarat elektronik akan dihantarkan dan akan dimerngarti oleh program tersebut

5. Trackball
Trackball adalah peralatan semacam mouse, kecuali pada trackball bola berputar pada landasan seperti halnya mouse, pada trackball ini diletakkan pada bagian atas sehingga bisa digeser secara langsung dengan jari. Beberapa model dari trackball didesain untuk diletakkan pada keyboard dari komputer notebook.

6. Joystick
  Joystick digunakan untuk keperluan game/permainan selama bertahun-tahun. Saat ini ukurannya semakin kecil, semacam pensil yang terletak diantara tombol keyboard. Pointing device seperti joystick ini biasa didapatkan pada komputer portable, karena komputer jenis ini seringkali digunakan pada tempat seperti pesawat terbang dimana tidak ada permukaan yang cukup untuk meletakkan suatu pointing device lain seperti mouse.

7. Touch screen
Touch screen juga disebut layar sentuh saat ini banyak dijumpai beberapa peralatan seperti handphone, ATM, d.l.l. Sensor yang terdapat pada touch screen adalah berupa sebuah panel dari kaca yang permukaannya mampu untuk menangkap respon terhadap suatu sentuhan pada media tersebut disebut training komputer, presentasi, d.l.l
Meskipun secara fisik kebal terhadap gangguan, touchscreen juga mempunyai kelemahan, yaitu : dapat terganggu oleh elemen- elemen seperti debu,air, dan  benda-benda padat lainnya.sedikit saja benda menempel diatasnya, maka layar akan mendeteksi sebagai suatu sentuhan. Sensor-sensor ultrasoniknya akan langsung bekerja dengan baik. Maka layar sentuh jenis ini harus dijaga dengan ekstra hati hati.
 
Touch screen sering
    dipakai pada kios
    informasi di tempat-
    tempat umum, misalnya
    di bandara dan rumah
    sakit.
Meskipun secara fisik kebal terhadap gangguan, touchscreen juga mempunyai kelemahan, yaitu : dapat terganggu oleh elemen- elemen seperti debu,air, dan  benda-benda padat lainnya.sedikit saja benda menempel diatasnya, maka layar akan mendeteksi sebagai suatu sentuhan. Sensor-sensor ultrasoniknya akan langsung bekerja dengan baik. Maka layar sentuh jenis ini harus dijaga dengan ekstra hati hati. 

8.Barcode reader
Barcode reader adalah alat yang digunakan untuk membaca kode bercode. Barcode terdapat pada pasta gigi, sabun, makanan, d.l.l
Barcode dibedakan menjadi 2. yaitu barcode 1 dimensi dan barcode 2 dimensi.
(^^) Barcode 2 dimensi : sudah tidak berupa garis-garis lagi, akan tetapi seperti gtambar. Jadi, informasi yang tersimpan di dalamnya akan  lebih besar. Kode yang dibuat bisa bebas asalkan hanya digunakan pada sistem di suatu tempat seperti perpustakaan, akan tetapi untuk produk yang akan diedarkan dipasarkan harus didaftarkan terlebih dahulu ke GS1 agar tidak sama dengan produk yang lain
 
(^^) Barcode 1 dimensi : terdiri
        dari garis-garis berwarna
        putih dan hitam. Warna
        putih untuk nilai 0 dan
        warna hitam untuk nilai 1.

9.Micropone
   Microphone adalah suatu alat yang digunakan untuk menginput data berupa suara. Suara yang diterima akan diproses menjadi sebuah data digital yang dapat dibaca kompute, dan akgirnya ditampilkan melalui speaker atau headset yang ada.
10. Kamera digital
   Kamera digital adalah salah satu dari alat input. Kamera digital didefinisikan sebagai alat untuk membuat gambar dari suatu obyek, untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD atau sensor CMOS yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.

11. Camroder
Camroder adalah alat perekam elektronik portable yang mempuynyai kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dimainkan di Video Cassete Recorder (VCR), TV, dan komputer
12. Web camera
Webcam adalah alat yang membantu seseorang bisa berkomunikasi atau chatting sambil melihat lawan bicaranya
Webcam adalah kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor  komputer dan dapat menangkap video serta gambar, kemudian langsung menyimpannya dalam hard drive komputer.
 
 
  
  
 
 

  
  
  
  

 
 

No comments:

Post a Comment