Sunday 22 November 2015

Sesil dan Santa Cecilia


Haii :)))

Ciyee sesil barusan ulang tahun ya? Wkwk. Iyaa, barusan aja kemarin wkwk.
Well, tapi kali ini sesil bukannya mau cerita tentang ulang tahunnya yang ke-18 kemarin. Yang itu, bentar dulu deh, coming soon. wkwk.

Tapii, tentang hari ini.

Ohiya, sesil nulis ini gaada maksud apa-apa. Cuma pengin ngungkapin rasa seneng ajaaaa heheheeeee. ^^

Hari ini, 22 November merupakan hari peringatan untuk Santa Cecilia, santa pelindungnya sesil, dan musisi, dan koor. :)))

Hmmmmm.. berawal dari tugas agama yang menyuruh untuk mengetahui riwayat hidup santa pelindung masing-masing, saya mulai mencari tahu tentang santa pelindung saya, Santa Cecilia.


Ohiya, sebelumnya kalau kalian bertanya mengenai apa itu Santa Pelindung? Kalau menurut saya, Santa pelindung adalah tokoh orang kudus pilihan Allah, yang namanya boleh dipakai sebagai nama babtis kita. Nah, nama babtis itu sendiri menandakan kalau kita tergabung dengan Kristus sebagai anggota-Nya dan didorong untuk hidup sesuai dengan panggilannya sebagai anak angkat Allah, sebagaimana telah ditunjukan oleh teladan orang kudus yang namanya diambilnya melalui Pembabtisan itu.

(Sumber dari : https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=8940811080183586167#editor/target=post;postID=6045607186444588163 , silahkan dibaca untuk lebih lengkapnya :) )

Selain itu, Santa Pelindung yang ada sebagai nama babtis kita juga bisa kita teladani hidupnya, kebaikannya, dan kesetiannya kepada Dia yang menciptakan :)

Naah, saya kan lahir tanggal 21 November tuh. Jika dilihat berdasarkan tanggal, sebenarnya nama babtis saya menurut saran itu Maria, karena tanggal 21 November merupakan hari Santa Perawan Maria dipersembahkan kepada Allah. 

Tapi, entah kenapa orang tua saya memberi saya nama Sesilla. Yang ternyataa setelah saya telusuri dan saya baca-baca, sebenarnya dirayakan hari ini, tanggal 22 November.

Ohiyaa, berikut ini merupakan postingan saya mengenai Santa Cecilia pada tanggal 19 Februari 2014 lalu. Udah ada editannya sih beberapa bulan lalu wkwk --> http://sesilfajar.blogspot.co.id/2014/02/santa-cecilia.html

Saya ceritakan garis besarnya yaa tentang kisah hidup Santa Cecilia ini.

***

22 November, peringatan Sta. Cecilia, pelindung musisi (komposer, penyanyi, pemain musik, pembuat alat musik) dan koor.

Santa Cecilia merupakan seorang gadis yang terlahir kaya. Akan tetapi, dia lebih memilih untuk hidup sederhana, lebih memilih untuk memakai pakaian kasar daripada memakai gaun mewah yang sebenarnya bisa ia pakai.

Santa Cecilia bersumpah akan hidup sebagai perawan untuk Tuhan, hingga orangtuanya menikahkan dia dengan seorang pemuda bernama Valerian dari Trastevere. Di tengah pernikahan, Cecilia mengaku mendengarkan musik yang begitu indah. Ketika musik pernikahan dialunkan, Cecilia bernyanyi dalam hatinya untuk Yesus, kekasih jiwa sejatinya.

Sebelum upacara selesai, ia berkata kepada Valerian bahwa ia telah bersumpah untuk hidup perawan dan ia selalu disertai malaikat. Valerian meminta bukti dan ingin melihat malaikat tersebut. Lalu Cecilia berkata bahwa Valerian harus hidup murni dan harus melakukan perjalanan ke Appian Way dan dibabtis oleh Paus Urbanus.

Valerian setuju, dan ia dibabtis. Setelah itu, ia kembali dan menemukan bahwa Cecilia sedang berdoa bersama malaikat. Setelah itu Valerian percaya dan menghormati keputusan Cecilia tersebut. Selain itu, saudaranya, Tiburtius juga akhirnya ikut dibabtis.

Valerian dan Tiburtius mendirikan sebuah biara untuk menguburkan para martir (orang yang mati untuk memperjuangkan imannya) dengan layak. Namun, pada akhirnya mereka ditangkap dan dibunuh. Cecilia menghuburkan mereka di Appian Way hingga pada akhirnya ditangkap juga. Dan ia menolak meski disuruh menyembah dewa berhala.


Ia dihukum mati dengan ditenggelamkan di bak yang dipanaskan sehari semalam lamanya. Akan tetapi Cecilia masih tetap hidup. Maka, hukuman kepada Cecilia diganti dengan hukuman penggal. Tiga kali percobaan penggal kepada Cecilia, akan tetapi kepalanya tidak kunjung putus. Ia hanya berdarah, bahkan masih hidup hingga 3 hari. Banyak orang yang datang untuk mengumpulkan darahnya ketika Cecilia berkotbah atau berdoa. Di hari ke-3, akhirnya Cecilia mati.

Cecilia adalah santa pertama yang ditemukan badannya tidak membusuk di makam. Beberapa orang melaporkan bahwa ada wangi misterius seperti harumnya bunga dari kuburan Cecilia.

sumber : instagram omk_indonesia. #catholicorg #catholicsaintinfo

***

Begitulaah... :)))

Entah, kadang saya berfikir, kenapa bisa nama saya jadi Sesillia? Bukannya Maria? Wii menurut kalian gimana kalo nama saya jadi Maria? Heheh.

Hehe...

Tapi saya suka..., saya merasa suka dengan nama ini. Membuat saya sangat bersyukur terlahir sebagai seorang Katolik. Seakan sudah ada garisnya, bahwa saya terlahir untuk bermain musik, hehe, dan tentu saja, saya harus mempergunakan talenta yang sudah diberikan Tuhan ini dengan baik. :)



Disamping itu, saya juga sangat menyukai sifat Santa Cecilia. Yang sederhana, dan teguh pendirian. Meskipun jelas saja, saya tidak akan mungkin sebanding dengan dia. Yah, karena saya hanya manusia biasa yang punya banyak kesalahan. Tapi setidaknya, banyak sekali teladan dari Santa Cecilia yang harus saya tiru. Kan jadi memotivasi saya tuh. Dengan nama ini, saya juga harus bisa membuat nama ini berarti, bukan hanya sekedar nama depan atau nama panggilan. Hehee

Hmmmmmmm..., begitulaah.

Sekali lagi, hal ini membuat saya semakin sayang dengan katolik. Bikin tenang, dan tentram, dan bahagiaa. *memejamkan mata, menghembuskan nafas

Jadi begitulaah. Saya, sebagai Sesillia akan berusaha meneladani santa pelindung saya. Dengan berusaha sebisa saya untuk Dia. Semoga bisa, semoga bisa, semoga bisa.

Sekian,

Salam Damai! ;)

Ini sesilliaaaaa wkwkwk


*plak!

Image source :
en.wikipedia.org
thearkorgrace.com

1 comment:

  1. cerita yang sangat menginspirasi. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang web gratis yukk disini saja. terimakasih

    ReplyDelete