Wednesday 2 April 2014

Apa Kau Sungguh-sungguh Seorang Pramuka???



Hai. Kali ini saya ingin membahas, em menyampaikan argumen dan opini saya. Saya sedang ingin berpendapat.

Apa Kau Sungguh-sungguh Seorang Pramuka???

Saya bertanya-tanya. Pertama-tama, saya mau cerita sedikit hal kecil. Tadi, saya sedang online. Buka facebook gitu. Dann yah seperti biasa~ Lalu saya mendapati hal yang mengalihkan perhatian.

Ada seorang yang berkata kotor dan menghujat-hujat dengan membabi buta. Bikin setatus puanjang sampe pelataran gak muat(gak segitunya sih). Yah, seorang berkata kotor atau hal buruk mungkin nggak akan bisa sepenuhnya hilang dari muka bumi ini. Kau tahu kan bumi sekarang bagaimana..? dan saya juga bagaimana ya??

Yang membuat perhatian saya teralihkan kali ini adalah, yang bikin setatus sepanjang kereta api dengan kata-kata kotor tadi adalah seorang anak Pramuka. Dan dia nggak cuma sekali itu aja kok apdet soal begituan. Saya sering melihatnya. Tapi akhirnya saya males juga u.u -_- Akhirnya saya tulis deh di kolom komentar “10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan”. Semoga dia ngerti maksud komentar saya. Maaf ya dek, saya mencampuri urusanmu. Dia mungkin sekarang kelas 9 SMP. Dan dia pasti gak kenal saya dan mikir atau mungkin spechless dengan komentar saya. Haha. Maaf saya tidak tahan :3


Well, saya sering lihat dia apdet setatus dan foto-foto tentang Pramuka. Walaupun saya sama sekali nggak kenal sama dia. Tapi yang jelas, dia adalah anak Pramuka dan saya tahu pasti, sekolahnya jos banget masalah Pramuka dan sering mendapat penghargaan juga. Dia juga sering ikut berpartisipasi dalam lomba-lomba Pramuka.

Tapi, kenapa kau sering kali berkata-kata kotor? Tidakkah kau ingat isi dari Dasa Dharma yang pastinya sering kau dengarkan saat upacara di kegiatan Pramuka? Tentang “10. Suci dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan.” Suci dalam perkataan. Sudahkah kau mengamalkannya dengan baik??

Lalu, saya juga sering lihat dia dengan frontalnya ngolok-olok temannya. Mengolok-olok dan dipasang di media sosial. Wow. Haruskah kau lakukan itu? Tidakkah ada solusi yang lebih baik? Sekali lagi, tidakkah kau ingat tentang bunyi Dasa Dharma yang ke-dua tentang kasih sayang sesama manusia?

-pas masih SD-

Kali ini saya bicara tentang Pramuka. Dan saya rasa, ikut Pramuka itu banyak manfaatnya. Kita diajari mandiri, kita diajari latihan mental, kita diajari bertahan hidup dan berpetualang, kita diajari bersosialisasi, kita diajari cinta Tanah Air, kita diajari banyak hal lah. Banyak hal yang positif. Dan tentunya, kita juga diajari tentang Sopan Santun.

Well, emang sih, saya juga nggak jauh dari kesalahan-kesalahan. Saya bukan orang yang sempurnya yang nggak punya kesalahan. Kesalahan saya juga banyak kok, banyak banget. Tapi, sebagai seorang Pramuka, bukankah kita seharusnya menjadi pribadi yang baik? Menjadi teladan yang baik untuk orang lain dan menjadi yah, pokoknya kita amalkan lah apa yang kita dapat dari bergabung dengan organisasi keren itu, Pramuka.

Pramuka itu bukan hanya tentang adu yel-yel. Bukan hanya tentang memasang wajah sangar dan suara yang menakutkan. Bukan hanya tentang adu mendapatkan piala dan pujian. Bukan hanya tentang mencari kesenangan. Bukan hanya membanggakan nama. Tapi Pramuka itu tentang membuat kita menjadi manusia yang baik. Membuat kita menjadi manusia yang bermutu dan berguna serta bermanfaat bagi bangsa dan sesama.. Dan saya sangat yakin kalau Pramuka itu sejatinya pastilah membawa kita menuju perubahan yang positif. Membangun karakter yang baik di dalam diri kita. Saya yakin akan hal itu.




Dan.., sudahkah kau menjadi seorang Pramuka yang sesungguhnya? Yang sejati? Sudahkah kau amalkan Tri Satya ini? :

“Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
-          Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila.
-          Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.
-          Menepati Dasa dharma

Sudahkah kau memperjuangkan kehormatanmu??

Lalu, sudahkah kau menepati Dasa Dharma??
  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sama sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan kesatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil, dan gembira
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja
  8. Disiplin, berani, dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan


Sudahkah kau menepatinya??



Well, sekali lagi, saya bukan manusia yang sempurna. Jadi jujur saja saya masih banyak salahnya, banyaaaaaakkk banget, disiplin misalnya. Saya termasuk orang yang kadang gagal dalam disiplin waktu. Yah, setidaknya saya ada usaha untuk menghilangkannya. Jadi, kita semua harus berusaha untuk menghilangkannya..  Menghilangkan hal buruk di sekeliling kita dan di dalam kita  :))) Semangat Pramuka!! Salam Pramukaa!! :DDD ^A^/

Dan saya kangen sama Pramuka... :'3

No comments:

Post a Comment